Portal PPID


Portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAPAN merupakan portal web yang menyediakan informasi publik LAPAN. 

Informasi Publik adalah Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang.

Informasi Publik yang disediakan meliputi Informasi Setiap Saat, Informasi Berkala, Informasi Serta Merta dan informasi hasil litbang LAPAN.


1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

2) Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

3) Perkip Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik

4) Peraturan Kepala LAPAN Nomor 06 Tahun 2011 tentang Pedoman Layanan Informasi Publik

5) Berita Acara Nomor : BA/848B/6/2014 tentang Penetapan Informasi yang Wajib Tersedia


Mekanisme Pelayanan Publik LAPAN:

1) Pemohon informasi mengajukan permohonan informasi kepada PPID Utama/PPID Pelaksana, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, PPID Utama/PPID Pelaksana meneruskan permohonan informasi kepada Petugas yang mengelola Meja Informasi;

2) PPID Utama/PPID Pelaksana meneruskan permohonan informasi kepada Petugas di Meja Informasi yang menguasai informasi publik tersebut;

3) Pemohon informasi mengisi formulir permohonan informasi dan petugas di Meja Informasi mencatat permohonan informasi publik dalam buku register permohonan;

4) Petugas di meja informasi memberikan tanda bukti dan nomor pendaftaran kepada pemohon informasi;

5) Petugas di meja informasi melakukan pengujian tentang konsekuensi dengan seksama dan penuh ketelitian;

6) Petugas di meja informasi memberikan usulan pemberitahuan tertulis kepada PPID Utama/PPID Pelaksana atas jawaban permohonan informasi berupa:

    - Informasi yang diminta tersedia dan bisa diberikan sebagian/seluruhnya;

    - Menolak informasi yang diminta;

    - Informasi yang diminta belum dikuasai/didokumentasikan;

7) PPID Utama/PPID Pelaksana memutuskan dan memberikan informasi tertulis dapat diakses publik atau tidak selambat-lambatnya 10 hari kerja, sejak pemohon mengisi formulir permohonan informasi, jawaban permohonan informasi berupa:

    - Informasi yang diminta tersedia dan bias diberikan sebagian/seluruhnya;

    - Menolak informasi yang diminta maka PPID Utama/PPID Pelaksana membuat Surat Keputusan PPID Utama/PPID Pelaksana tentang Penolakan Permohonan Informasi;

    - Informasi yang diminta belum dikuasai/didokumentasikan. PPID Utama/PPID Pelaksana meminta perpanjangan waktu selama 7 hari kerja sejak jawaban atas pemberitahuan tertulis kepada pemohon informasi;

8) Pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada PPID Utama/PPID Pelaksana. Pemohon informasi mengisi formulir keberatan informasi dan PPID Utama/PPID Pelaksana mencatat dalam buku register keberatan permohonan;

9) PPID Utama/PPID Pelaksana memberi salinan formulir keberatan sebagai tanda bukti;

10) PPID Utama/PPID Pelaksana memberi tanggapan secara tertulis kepada pemohon informasi selambat-lambatnya 30 hari sejak hari dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam buku register keberatan;

11) Apabila pemohon informasi tidak puas atas tanggapan keberatan maka pemohon informasi bisa mengajukan kepada KOMISI INFORMASI dan apabila puas maka selesai.


Untuk mengakses Portal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAPAN  harus memiliki akses internet, Portal PPID dapat diakses melalui http://ppid.lapan.go.id 

Didalam portal PPID terdapat berbagai informasi yang disajikan, pengguna dapat melihat informasi terkait PPID LAPAN, Regulasi PPID, Informasi Publik (Informasi Setiap Saat, Informasi Berkala, dan Informasi Serta Merta), Layanan Informasi, dan SOP


PPID Utama LAPAN berlokasi di Kantor LAPAN Pusat, Jalan Pemuda Persil Nomor 1 Rawamangun, Jakarta Timur


PPID Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional 

Jalan Pemuda Persil Nomor 1 Rawamangun, Jakarta Timur 13220 Helpdesk Telp: (021) 4892802 Ext. 142 Fax. 47882726 (Biro KSHU) Call Center 08111735071 Email: ppid@lapan.go.id


Mendapatkan sertifikat ISO untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama LAPAN : QUALITY MANAGEMENT SYSTEM - ISO 9001:2015