Sistem Informasi Komposisi Atmosfer Indonesia (SRIKANDI)


SRIKANDI merupakan salah satu sistem pendukung keputusan (Decission Support System) yang dibangun oleh Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN yang menyediakan informasi komposisi atmosfer Indonesia berupa pengamatan berbasis satelit dan prediksi berbasis model transpor kimia untuk mendukung pengambilan keputusan terutama terkait dampak dari peristiwa kebakaran hutan terhadap kualitas udara.




-


DSS SRIKANDI saat ini memuat informasi mengenai komposisi kimia atmosfer berbasis observasi satelit AQUA/TERRA serta akan terus dikembangkan dengan penambahan informasi dari satelit-satelit lain diantaranya satelit AURA dan Suomi-NPP untuk variabel konsentrasi asap. Selain informasi dari hasil observasi, DSS SRIKANDI juga memuat informasi prediksi komposisi atmosfer dan penyebarannya berbasis model cuaca yang dikopling dengan kimia atmosfer yaitu model Weather Research Forecast-Chemistry (WRF-Chem) yang diharapkan akan bermanfaat untuk pengambilan keputusan terutama saat terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.


DSS SRIKANDI dibangun oleh para peneliti dan tenaga strategis di Kelompok Penelitian Lingkungan Atmosfer, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN.