• Deskripsi

    • Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan (LAPAN Pasuruan) merupakan kantor LAPAN yang berada di provinsi Jawa Timur, memiliki tugas untuk melaksanakan pengamatan, perekaman, pengolahan dan pengelolaan data atmosfer dan antariksa. Data tersebut diperoleh dari peralatan Komrad HF , Fluksgate Magnometer, Teleskop Sunspot , Teleskop Hα/ Flare , Teleskop Portable, Sky Quality Meter, Beacon Satelit , AWS Davis, CO2 , Ozon Monitor, UV , Ozon Vertikal, Rain Gauge, dan EPAM. Selain itu LAPAN Pasuruan menjadi tempat edukasi IPTEK Penerbangan dan Antariksa bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait sains antariksa dan atmosfer dalam bentuk layanan publik.

  • Dasar Hukum

  • Syarat

      • Pelayanan Bimbingan Praktek Kerja Lapangan / Kerja Praktek (PKL /KP) 
        • Surat permohonan bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
      • Pelayanan Bimbingan Tugas Akhir
        • Surat permohonan bimbingan Tugas Akhir (TA)
      • Pelayanan Permintaan Data Antariksa dan Atmosfer
        • Surat permohonan permintaan data antariksa dan atmosfer
        • Form pengisian data yang diminta beserta tahun
      • Pelayanan Kegiatan Rukyatul Hilal
        • Surat permohonan ikut serta dalam kegiatan
      • Pelayanan Kunjungan Ilmiah
        • Surat permohonan kunjungan ilmiah kepada Kepala Balai Pasuruan
  • Prosedur atau Pedoman Penggunaan

      • Pelayanan Bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
        • Tim layanan melayani tamu/mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) dengan menjelaskan bidang penelitian/perekayasaan yang tersedia dan menjelaskan format surat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
        • Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) mengajukan surat permohonan bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
        • Tim layanan melakukan koordinasi dengan Ka. Balai Pasuruan untuk menyusun surat balasan sekaligus mendelegasikan pembimbing Praktek Kerja Lapangan (PKL)
        • Tim layanan membalas surat permohonan bimbingan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
        • Pelaksanaan Bimbingan Praktek Kerja Lapangan / Kerja Praktek (PKL/KP) sampai selesai
      • Pelayanan Bimbingan Tugas Akhir (TA)
        • Tim layanan melayani tamu/mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta (PTN/PTS) dengan menjelaskan bidang penelitian/perekayasaan yang tersedia dan menjelaskan format surat Tugas Akhir (TA)
        • Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) mengajukan surat permohonan bimbingan Tugas Akhir (TA)
        • Tim layanan melakukan koordinasi dengan Ka. Balai untuk menyusun surat balasan sekaligus mendelegasikan pembimbing Tugas Akhir (TA)
        • Tim layanan membalas surat permohonan bimbingan Tugas Akhir (TA)
        • Pelaksanaan Bimbingan Tugas Akhir (TA) sampai selesai
      • Pelayanan Permintaan Data Antariksa dan Atmosfer
        • Tim layanan mengarahkan tamu menuju ruang PPID
        • Petugas absensi mempersilahkan tamu melakukan pengisian buku absensi
        • Tim layanan membagikan formulir brosur LAPAN dan SKM serta mempersilahkan tamu menuju tempat pengamatan benda langit
        • Tim layanan melakukan presentasi antariksa dari hasil perekaman kepada tamu serta melakukan diskusi dan sesi tanya jawab
      • Pelayanan Kegiatan Rukyatul Hilal
        • Tim layanan mengarahkan tamu menuju ruang PPID serta mempersilahkan mengisi buku absensi
        • Tim layanan membagikan formulir brosur LAPAN dan SKM kepada tamu
        • Tim layanan mempersilahkan tamu menuju tempat rukyatul hilal
        • Pelaksanaan rukyatul hilal dipimpin oleh panitia Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan
        • Pembukaan dan sambutan Ka. LAPAN BPAA Pasuruan dan Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan
        • Pembacaan doa oleh Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Pasuruan
        • Panitia Kemenag mengumumkan posisi bulan dan matahari, serta mengumumkan waktu tenggelamnya matahari sebagai awal pengamatan bulan dari awal hingga waktu melihat hilal selesai
        • Pengumuman posisi bulan dan matahari sebagai referensi untuk melihat dengan teleskop, kamera dan melihat langsung objek bulan
        • Pelaksanaan rukyatul hilal secara bersama-sama
        • bila satu pengunjung dapat melihat/merekam tampaknya bulan maka akan diambil sumpah
        • Pelaksanaan sumpah melalui proses Isbat
        • Pengumuman hasil rukyatul hilal dengan keputusan bahwa rukyatul hilal berhasil / tidak berhasil dilihat secara langsung / difoto, direkam
        • Publikasi hasil rukyatul hilal diawal Ramadhan syawal dan Dhulhijjah
      • Pelayanan Kunjungan Ilmiah
        • Tim layanan mengarahkan tamu menuju ruang PPID serta mempersilahkan mengisi buku absensi
        • Peserta mengajukan permohonan kunjungan ilmiah melalui surat permohonan kepada Kepala Balai
        • Kepala Balai mengkaji permintaan permohonan untuk memutuskan apakah layanan dapat diberikan atau tidak, jika permohonan tidak dapat dipenuhi, maka membuat surat balasan disertai dengan alasan penolakan kepada pemohon tetapi jika permohonan dipenuhi, maka membuat surat balasan penerimaan dan menugaskan Tim Layanan untuk memproses permintaan
        • Tim layanan memberikan pelayanan kunjungan ilmiah kepada peserta
  • Sarana dan Prasarana

      • Ruang Pertemuan / Graha
      • Ruang Rapat
      • Ruang Layanan Informasi
      • Peralatan Sosialisasi
  • Kontak Penyelenggara

      • Surat menyurat: Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Pasuruan ( BPAA PASURUAN ). Jln. Raya Watukosek, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur (67155) 
      • Faksimile : (0343) 851569
      • Email : lapan.pasuruan@lapan.go.id
  • Info Tambahan

    • Lokasi LAPAN Pasuruan