• Deskripsi

    • Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Sumedang adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis di lingkungan LAPAN dan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer (Perka LAPAN No. 15 Tahun 2015). BPAA Sumedang dirintis sejak tahun 1975. Pada tahun tersebut telah dilakukan pengamatan aktivitas radio matahari yang bekerja pada frekuensi 200 MHz. Pembangunan fisik dimulai pada tahun 1977. Pada tanggal 13 Maret 1980 diberi nama Stasiun Pengamat Matahari (SPM) Tanjungsari yang diresmikan oleh Ketua LAPAN (Marsda TNI (Pur) dr. R. Sunaryo). Pada tahun 1989 berganti nama menjadi Stasiun Pengamat Matahari dan Ionosfer (SPMI) Tanjungsari. Pada tahun 2001 berganti nama menjadi Stasiun Pengamat Dirgantara (SPD) Tanjungsari . Tahun 2011 berganti nama menjadi Loka Pengamatan Dirgantara (LPD) Sumedang. Pada tahun 2015 berganti nama menjadi BPAA Sumedang. Lokasi kantor di Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 31, Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Kode Pos 45362. BPAA Sumedang mempunyai tugas melaksanakan pengamatan, perekaman, pengolahan, dan pengelolaan data antariksa dan atmosfer (Perla LAPAN No.10 Tahun 2019). Dalam melaksanakan tugas, BPAA Sumedang menyelenggarakan fungsi: a. penyusunan rencana kegiatan dan anggaran; b. pelaksanaan pengamatan, perekaman, pengolahan, analisis, dan pengelolaan data antariksa dan atmosfer; c. pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan peralatan pengamatan antariksa dan atmosfer; d. pelaksanaan kerja sama teknis di bidang pengamatan antariksa dan atmosfer; e. pemberian layanan publik antariksa dan atmosfer; f. evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan; dan g. pelaksanaan urusan keuangan, sumber daya manusia aparatur, tata usaha, penatausahaan barang milik negara, dan rumah tangga. BPAA Sumedang selain melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada huruf e, juga melaksanakan fungsi pemberian layanan publik di bidang penerbangan dan antariksa dalam rangka efisiensi dan efektivitas pemberian layanan publik.

  • Dasar Hukum

    • > Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan

      > Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 49 tahun 2015 tentang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

      > Peraturan Kepala LAPAN Nomor 8 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

      > Peraturan Kepala LAPAN Nomor 15 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer

      > Peraturan LAPAN-RI Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan Peraturan Kepala LAPAN Nomor 15 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja BAlai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer

  • Syarat

    • Berdasarkan Kepka LAPAN Nomor 249 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, maka persyaratan pelayanan sebagai berikut:

      Pelayanan Kunjungan Ilmiah

      > Surat Permohonan Kunjungan Ilmiah yang ditujukan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

      Pelayanan Permintaan Data

      > Surat Permohonan Permintaan Data yang ditujukan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

      > Mengisi Formulir Permohonan Informasi Publik

      > Memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Tanda Mahasiswa

      Pelayanan Praktik Kerja Lapangan

      > Surat Permohonan Praktik Kerja Lapangan yang ditujukan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

  • Prosedur atau Pedoman Penggunaan

    • INFORMASI LAYANAN ANTARIKSA DAN ATMOSFER BPAA SUMEDANG

      Berdasarkan Kepka LAPAN Nomor 249 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, maka prosedur pelayanan  sebagai berikut:

      1. Pelayanan Kunjungan Ilmiah

          -Pemohon mengajukan Surat Permohonan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

          -Kepala Balai mengkaji permintaan pemohon untuk memutuskan apakah layanan dapat diberikan atau tidak. 

          -Jika permohonan tidak dapat dipenuhi maka dibuatkan Surat Balasan kepada pemohon yang disertai alasan penolakan melalui Kepala Subbagian Tata Usaha. 

          -Jika permohonan diterima Kepala Balai menugaskan Tim Layanan untuk memroses permintaan

          -Tim Layanan memberikan pelayanan kepada pemohon.

      2. Pelayanan Permintaan Data

          -Pemohon mengajukan Surat Permohonan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

           -Kepala Balai mengkaji permintaan pemohon untuk memutuskan apakah  layanan dapat diberikan atau tidak. 

           -Jika permohonan tidak dapat dipenuhi  maka dibuatkan Surat Balasan kepada pemohon yang disertai alasan  penolakan melalui Kepala Subbagian Tata Usaha/Sekretaris PPID

           -Jika permohonan diterima  Kepala Balai menugaskan Tim Layanan untuk memroses permintaan

           -Tim Layanan memberikan pelayanan kepada pemohon.

      3. Pelayanan Praktik Kerja Lapangan

          -Pemohon mengajukan Surat Permohonan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

          -Kepala Balai mengkaji permintaan pemohon untuk memutuskan apakah  layanan dapat diberikan atau tidak. 

          -Jika permohonan tidak dapat dipenuhi  maka dibuatkan Surat Balasan kepada pemohon yang disertai alasan  penolakan melalui Kepala Subbagian Tata Usaha/Sekretaris PPID

          -Jika permohonan diterima  Kepala Balai menugaskan Tim Layanan untuk memroses permintaan

          -Tim Layanan memberikan pelayanan kepada pemohon.

      4. Pelayanan Penerbangan dan Antariksa

          -Pemohon mengajukan Surat Permohonan kepada Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang

          -Kepala Balai mengkaji permintaan pemohon untuk memutuskan apakah  layanan dapat diberikan atau tidak. 

          -Jika permohonan tidak dapat dipenuhi  maka dibuatkan Surat Balasan kepada pemohon yang disertai alasan  penolakan melalui Kepala Subbagian Tata Usaha/Sekretaris PPID

          -Jika permohonan diterima  Kepala Balai menugaskan Tim Layanan untuk memberikan informasi tentang LAPAN

          -Tim Layanan memberikan pelayanan kepada pemohon.

  • Sarana dan Prasarana

    • Luas Lahan : 1,4 ha

      Peralatan Pengamatan : Fluxgate Magnetometer, Teleskop Lunt Engineering 70 ED, Teleskop Celestron 8”, Teleskop Celestron 11”, Teleskop Celestron Astromaster 130, Solar Radio Spektrograph SN 4000, Callisto, CADI (Canadian Advanced Digital Ionosonde) , GRBR (GNU – Radio Beacon Receiver) , GPS Scinda, Automatic Weather Station (AWS) Vaisalla, Automatic Weather Station (AWS) Davis, Radar Hujan SANTANU, Sky Quality Meter (SQM)

      Fasilitas Perkantoran : Pos Satuan Pengamanan, Gedung Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Gedung Meteo (Phoenix), Gedung Optik Matahari (Centaurus), Gedung Administrasi (Tata Usaha dan Kepala Balai), Gedung Radio Matahari (Orion), Taman Meteo, Gedung Optik Matahari (Andromeda), Rumah Negara Kepala Balai, Rumah Negara Kepala Subbag. TU, Mess Tamu, Gedung Antariksa I (Aula, Galeri), Gedung Antariksa II (Aula, Arsip, Magnetometer), Jalan Lingkungan Kantor  

  • Kontak Penyelenggara

    • Surat : Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang, Jl. Raya Bandung Sumedang, KM 31, Sumedang, 45362, Jawa Barat

      Telepon : (022) 7911 262

      Faksimile : (022) 7911 261

      Email : lapan.sumedang@lapan.go.id

  • Info Tambahan

    • Lokasi BPAA Sumedang (Google Maps)

      Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang memiliki visi yaitu “Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer yang andal untuk mendukung pusat unggulan”. Dalam mencapai visi, Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang mempunyai misi yaitu 

      • Meningkatkan kualitas produk data antariksa dan atmosfer
      • Meningkatkan kualitas informasi penerbangan dan antariksa

      Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang juga memiliki tujuan dan sasaran strategis yang ingin dicapai. Tujuan strategis Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang adalah :
      a.    Terwujudnya sistem pengamatan, akuisisi, pengolahan dan pengelolaan data yang memenuhi standar dan prosedur
      b.    Terwujudnya layanan prima data antariksa dan atmosfer bagi masyarakat.

      Sedangkan sasaran strategis Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang adalah :
      a.    Tersedianya data sains antariksa dan atmosfer
      b.    Terselenggaranya layanan pengguna sains antariksa dan atmosfer
      c.    Terselenggaranya operasional peralatan akuisisi data antariksa dan atmosfer
      d.    Meningkatnya kapasitas sumber daya manusia aparatur lingkup Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang
      e.    Tersedianya informasi valid, handal dan mudah diakses lingkup Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang
      f.    Terkelolanya DIPA Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang secara optimal.

      Sesuai dengan tugasnya, maka kegiatan sehari-hari Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Sumedang adalah melaksanakan pengamatan, perekaman, pengolahan, dan pengelolaan data antariksa dan atmosfer yang meliputi kegiatan sebagai berikut :
      a.    Pengamatan optik matahari
      b.    Pengamatan radio matahari
      c.    Pengamatan medan magnet bumi
      d.    Pengamatan lapisan ionosfer
      e.    Pengamatan cuaca.